Bagaimana yaa menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan ramah bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)?
Untuk memecahkan kebingungan kita, maka kita mengadakan workshop inklusi mengenai “Pengenalan Program Inklusi di Lingkungan Sekolah” pada hari Jumat, 2 Juni 2023 yang dihadiri oleh seluruh elemen sekolah baik guru dan karyawan serta wali murid peserta didik berkebutuhan khusus. Narasumber dalam workshop kali ini adalah Ibu Nishrina Khamida, M.Psi., Psikolog selaku Kepala UPTD ABK Sidoarjo dan Ibu Nanik Sumarviati, M.Pd selaku Kasi Pembinaan Kelembagaan dan Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kab. Sidoarjo.
Sebelum menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, menyenangkan dan ramah bagi peserta didik berkebutuhan khusus, kita harus mengenalkan karakteristik anak berkebutuhan khusus. Bagaimana teknik penanganannya yang baik dan benar, serta menjelaskan tugas dan tanggung jawab semua warga sekolah dan bagaimana cara mengenalkan peserta didik berkebutuhan khusus ke teman sebaya dan warga lingkungan sekolah. Hal tersebut merupakan salah satu cara meminimalisir perilaku dan sikap diskriminasi terhadap peserta didik berkebutuhan khusus, serta mewujudkan pendidikan program inklusi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.
Beberapa hal penting untuk membangun program inklusi adalah dengan melakukan pembelajaran bersama-sama antara anak berkebutuhan khusus dengan anak tipikal lainnya. Kemudian membangun sistem belajar yang berkolaborasi antara orang tua, wali kelas, GPK, warga sekolah dan melayani gaya belajar anak. Hal pendukung lainnya dalam konsep inklusi yaitu dengan adanya modifikasi kurikulum dan pembentukan Program Pendidikan Individual (PPI) yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, serta management kelas seperti penataan tempat duduk bagi peserta didik berkebutuhan khusus, mengondisikan PDBK dan strategi pembelajaran secara bersama-sama. (vicha)
Leave us a Reply